Beranda » Reruntuhan Gedung Teater Suku Maya Ditemukan

Reruntuhan Gedung Teater Suku Maya Ditemukan

Headline
discovery.com

Reruntuhan bangunan ditemukan di situs arkeologi Plan de Ayutla di Chiapas, Meksiko. Reruntuhan yang diduga gedung teater Suku Maya ini diperkirakan berusia 1.200 tahun.

Diwartakan oleh Discovery, reruntuhan gedung teater Suku Maya ini diduga dahulunya digunakan para petinggi suku itu untuk mengesahkan kekuasaan mereka dan menundukkan kelompok minoritas.

"Ini adalah gedung teater unik yang ditemukan di Akropolis. Bangunan ini berdiri 137 kaki di atas berbagai bangunan lain dan termasuk dalam kompleks istana," jelas Luis Alberto Martos Lopez, direktur riset dari National Institute of Anthropology and History (INAH).

Reruntuhan gedung teater itu terletak di Akropolis Utara dan dikelilingi berbagai bangunan yang berasal dari tahun 250-550 Sebelum mMasehi. Gedung itu mempunyai fasad setinggi 26 kaki yang diruntuhkan sekitar tahun 850 untuk membangun semacam akustik agar suara terpantul ke penonton.

Menurut Lopez, arsitektur yang tidak biasa ini membuat gedung teater tampak menonjol dibandingkan bangunan lainnya. Gedung ini diperkirakan dapat menampung 120 orang.

"Gedung ini berbeda beda dari teater lainnya yang sebelumnya telah kami teliti. Bangunan tater itu biasanya berada di dalam kompleks dan dibangun untuk menghibur masyarakat," ujar Lopez.

Tak jauh dari reruntuhan bangunan itu, tim riset INAH juga menemukan sejumlah peluit, ocarina (alat musik tiup mirip suling), dan berbagai berhala yang menggambarkan dewa-dewa Suku Maya.

Tim riset INAH juga meduga, para petinggi dan kaum elit Suku Maya menggunakan teater ini untuk memaksakan ideologi mereka terhadap kelompok minoritas. Teater ini juga kemungkinan digunakan sebagai tempat melakukan kampanye politik.