Beranda » Matahari Dikelilingi Materi Gelap Misterius

Matahari Dikelilingi Materi Gelap Misterius


alt



Para ilmuwan mengatakan mereka kini menyakini 99% Matahari dikelilingi oleh materi atau partikel gelap, sebuah fenomena yang pertama kalinya dikemukakan pada 1930 oleh astronom Swiss.






Fritz Zwicky, pencetus teori ini puluhan tahun lalu yakin bahwa kelompok galaksi dipenuhi dengan materi gelap misterius yang membuat mereka terbang terpisah.



Pada hampir saat yang sama, Jan Oort di Belanda menemukan bahwa kepadatan materi dekat Matahari hampir dua kali dari apa yang bisa dijelaskan dengan keberadaan bintang-bintang dan gas tersendiri.



Namun hingga hari ini, misteri yang mengelilingi apakah materi gelap benar-benar eksis, apalagi di mana tempatnya.



Namun, sebuah tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari University of Zurich telah mengembangkan teori baru - dan membangun sebuah simulasi dari Bima Sakti untuk menguji massa-pengukuran metode mereka sebelum menerapkannya pada data yang nyata.



Mereka menemukan bahwa teknik yang digunakan selama dua puluh tahun terakhir bias, dan selalu cenderung menaksir terlalu rendah jumlah materi gelap di alam semesta.



Para peneliti kemudian mengembangkan teknik baru yang memberi jawaban benar dari data simulasi.


Menerapkan teknik mereka untuk posisi dan kecepatan ribuan bintang kerdil oranye K dekat Matahari, mereka memperoleh ukuran baru dari massa jenis zat lokal gelap.


"Kami 99% yakin bahwa ada materi gelap dekat Matahari," kata penulis utama Silvia Garbari.


Bahkan, jika eksis, massa jenis zat gelap ini sedikit tinggi: mereka menemukan masalah yang lebih gelap dari yang diharapkan pada keyakinannya 90%.



Ada kemungkinan 10% bahwa ini hanyalah kebetulan statistik, tetapi jika data masa depan ini menegaskan nilai tinggi implikasi yang menarik sebagai penjelasan Silvia:



'Ini kemungkinan menjadi bukti pertama untuk sebuah "cakram" materi gelap di galaksi kita, seperti yang baru-baru diprediksi oleh teori dan simulasi numerik dari pembentukan galaksi, atau bisa berarti bahwa materi gelap halo galaksi kita terjepit, meningkatkan densitas gelap lokal.'



Co-penulis, Prof Lake George mengatakan, "Jika materi gelap adalah partikel fundamental, miliaran partikel-partikel ini akan melewati tubuh Anda pada saat Anda selesai membaca artikel ini.”



“Fisikawan eksperimental berharap untuk menangkap hanya beberapa dari partikel-partikel ini setiap tahun dalam percobaan seperti XENON dan CDMS yang saat ini beroperasi.”



“Mengetahui sifat lokal dari materi gelap adalah kunci untuk mengungkapkan terdiri dari jenis apa partikel tersebut." (Erabaru/DM/sua)


Related news items: