Beranda » Naskah Kuno Pecahkan Misteri Kosmik

Naskah Kuno Pecahkan Misteri Kosmik

Headline
upi.com

Peneliti Amerika Serikat (AS) mengatakan, naskah kuno mengenai ‘salib patung kristus merah’ yang terlihat di Inggris 1.200 tahun silam diklaim mampu pecahkan misteri kosmik. Ingin tahu?

Fenomena yang diduga merupakan ledakan supernova tak dikenali itu diklaim mampu jelaskan misteri tingkat karbon 14 di pohon cemara di Jepang.

Ahli biokimia Jonathan Allen dari Univeristy of California mengaku menemukan keanehan pada cincin pohon tersebut di mana ini diduga terjadi akibat radiasi energi tinggi di atmosfer.

Namun penyebab ledakan supernova itu tak diketahui karena tak ada catatan sejarah memuatnya. “Sejarah yang tertulis sangat terbatas,” katanya.

Kemudian, Allen pun melakukan penelusuran di internet dan menemukan naskah kuno yang memuat kejadian ‘salib patung kristus merah’ dari Yale University.

“Temuan ini membuat saya berpikir penyebabnya adalah kejadian luar angkasa,” kata astronom Geza Gyuk dari Adler Planetarium. Tertulis di naskah, obyek tampak di langit barat setelah matahari terbenam.

“Artinya, kejadian ini bergerak dari belakang matahari bersamaan munculnya ‘bintang baru’,” katanya. Sejumlah supernova memang diakui para ahli ‘menghilang’ dari catatan sejarah.

“Langit merupakan tempat yang sangat besar dan catatan sejarah tak terlalu bagus,” tutupnya seperti dikutip UPI.