Beranda » Fenomena Lingkaran Misterius Fairy Circles Namibia, Afrika

Fenomena Lingkaran Misterius Fairy Circles Namibia, Afrika

Salah satu fenomena paling misterius di Afrika masih tidak dapat dijelaskan meskipun telah 25 tahun lebih para ilmuwan melakukan penelitian untuk mengungkapnya.

Lingkaran-lingkaran yang terbentuk di padang rumput ini dapat ditemukan sekitar 100 mil ke pedalaman, di sebuah gurun yang membentang 1.500 km sebelah selatan dari Angola. Wilayah itu termasuk yang paling terpencil dan termasuk kategori wilayah yang tidak ramah di planet ini. Para peneliti selama 22 tahun rela menghabiskan waktunya di padang ini demi mencari tahu penyebab yang terjadi.

Fairy Circle

Di Namibia barat daya Afrika, padang rumput 'jarang' yang tumbuh di tanah berpasir dan dibawah curah hujan antara 50 dan 100 mm per tahun yang diselingi oleh ribuan rumput yang melingkari tempat/tanah kosong, dan biasanya dikelilingi oleh rumput tinggi sehingga berbentuk seperti cincin. Fenomena ini disebut "Fairy Circle" karena menurut penduduk setempat disebabkan oleh para dewa alam, roh atau peri. Tapi dengan penyebab ilmiah yang tidak diketahui, walaupun sejumlah hipotesis telah diajukan.




Fairy Circle





Fairy Circle

Fenomena ini sekilas hampir mirip dengan Crop Circle, tapi sangat berbeda. Pada crop circle, tumbuhan/rumput yang berbentuk pola, itu memiliki karakteristik rumput yang bengkok seperti di rebahkan.



Pada Fairy Circle, pola-pola ini terbentuk seolah-olah tanah yang ada membentuk lingkaran dan tidak bisa ditumbuhi rerumputan. Selama penelitian, para ilmuwan telah mengeluarkan hipotesis, seperti benih dari tanaman beracun yang mengakibatkan kerusakan pada tanah. Akan tetapi dari percobaan yang dilakukan, tidak ada satupun yang bisa mendukung untuk memperkuat hipotesis yang ada.


Iklim di Namibia sangat kering, dengan musim dingin ringan dan musim panas yang sangat panas (suhu rata-rata bulanan: musim dingin ~ 11 C, musim panas ~ 25 C). Curah hujan tahunan rata-rata adalah 70-80 mm, terutama pada saat terjadi badai konvektif selama musim panas (Desember-Mei) yang berasal uap air dari Samudra Hindia. Pada tahun 2011, tahun yang sangat basah, curah hujan mencapai 335 mm akibat hujan luar biasa berat selama Januari sampai Maret. Hampir tidak ada hujan jatuh antara bulan Mei dan Januari.






Foto-foto Satelit




Citra Satelit



Menurut para peneliti, lingkaran-lingkaran ini juga tercipta dengan sendirinya dan alami terjadi yang di awali dari rumput yang tumbuh, beberapa waktu kemudian area rumput yang berada di tengah-tengah akan mati. Proses terciptanya Fairy Circle bisa dilihat pada gambar.





Dr. Walter R. Tschinkel




Dr. Walter R. Tschinkel Professor of Biological Science dari Florida State University mencoba memberikan penjelasan tentang fenomena ini. Dia berkata bahwa apa yang menyebabkan pola seperti bercak-bercak pada tanah ini disebabkan oleh RAYAP. Adanya gas tertentu yang terdapat dalam rayap tanah, bisa menyebabkan rumput-rumput mati secara misterius karena dibawah tanah tempat terjadinya bercak fairy circles merupakan koloni dari para rayap. Akan tetapi, lagi-lagi beliau tidak bisa membuktikan fenomena sebenarnya yang terjadi.








Sesungguhnya Walter Tschinkel tidak mungkin telah memecahkan misteri Fairy Circle , tetapi ia dapat memberitahu fakta mengejutkan bahwa lingkaran-lingkaran tanaman ini hidup (artinya bisa berjangkit ke rumput-rumput yang lain). Puluhan ribu formasi berupa bercak-bercak tanah, dengan diameter 2 sampai 12 meter padang rumput dari bagian selatan Angola ke utara Afrika Selatan, batas-batas mereka sering ditandai dengan pinggiran tinggi rumput.

Fairy Ring

Selain Fairy Circle, ada juga yang disebut Fairy ring. Fairy Ring adalah sebuah formasi lingkaran berbentuk cincin yang terjadi secara alami dari tumbuhan jamur.


Fairy ring atau Cincin Peri juga menempati tempat yang menonjol dalam cerita rakyat Eropa sebagai lokasi gerbang ke kerajaan peri, atau tempat dimana para elf berkumpul dan menari. Menurut cerita rakyat, sebuah cincin peri muncul ketika peri-peri, atau elf muncul. Dan fenomena Ini akan menghilang tanpa jejak dalam waktu kurang dari lima hari.











Jika benar Fairy Ring adalah gerbang/gateaway dari dunia peri, saya minta izin anda para pembaca untuk tidur dan bermimpi sebentar agar bisa bertemu dengan Tinkerbell.

(hawkson)